Sabtu, 23 Juli 2016

Rejeki di Bulan Ramadhan




Kemulian bulan suci Ramadhan memang penuh  berkah. Buktinya pesanan lukisan datang silih berganti. Pesanan dari beberapa sahabat. Kami tak menyia-nyiakan penghargaan dari Allah melalui orang yang memesan lukisan kami. Hantaran rahmat dariNya melalui mereka.
    Demikian munkin rejeki bagi mereka yang memiliki profesi yang tidak tersentuh hubungan baik dengan puasa maupin Idul Fitri. Sungguh keadilan dan pembagian yang maya adil. Bila sebuah lukisan ada yang pesan maka bukan tidak mungkin industri hulu dan hilir berkaitan denan lukisan akan tersentuh. Bukan tidak mungkin pedagang canvas dan cat lukis menjadi laku, kemudian di bagian hilir, tukang figura jadi laku. Kemudian jasa pengiriman barang jadi tambah konsumen. Dan pada garis horizontalnya, uang hasil lukisan itu buat keluarga,  istri dan anak. Sang istri membeli ikan, sayuran, sembako, gas, sampai baju. Sedang sang anak membeli buku, makanan, dan mainan anak.
    Bapak tua penjual mainan anak-anak yang keliling bersepeda menjadi tersenyum ketika seorang anak kecil membeli mainan yang hanya beberapa ribu.
    Belum lagi rezeki itu dimanfaatkan oleh para pedagang tadi dan keluarganya. Jadi begitu adil Alla yang Maha bijaksana itu. Semoga kita semua masih dalam daftar catatan nama-nama yang dijadwal diberi rezeki olehNya. Cepat-atau lambat rezeki itu diterima juga tetntu ada nilai terbaik atas petunjukNya.